HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Rabu, 03 Februari 2010

Bunga Merah Bunga Lempuyang

kembang lempuyang 01

Ketika sedang mencari buah sawo garut yang aku petik dan jatuh ke semak-semak diantara tumbuhan pandan duri, istriku melihat ada bunga merah diantara semak-semak itu. Tangkai bunganya keluar dari dalam tanah di dekat batang utamanya. karena susah untuk melihat dengan jelas bunga apa itu, akhirnya tangkai bunganya aku potong saja sehingga bunganya dapat aku tarik keluar dari dalam semak-semak itu.

kembang lempuyang 03

Aku tanya sama istri yang mengurus kebun di Jonggol – Jawa Barat, katanya itu adalah bunga lempuyangan. Akhirnya setelah mencari-cari informasi di internet, ternyata memang tanaman lempuyang itu mempunyai bunga yang keluar dari rimpang (umbi) nya. Hanya saja aku ga tahu pasti, lempuyang yang aku lihat itu jenisnya yang mana karena ternyata ada beberapa jenis lempuyang ya, seperti lempuyang pahit/lempuyang emprit (Zingiber americana Bl), lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val), dan lempuyang gajah (Zingiber zerumbet Linn)

kembang lempuyang 05

Klasifikasi Ilmiah lempuyang Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
                     Sub Kelas: Commelinidae
                         Ordo: Zingiberales
                             Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
                                 Genus: Zingiber
(sumber: Plantamor.com)

pohon lempuyang 01

Umbi lempuyang ternyata dapat digunakan sebagai obat ya. Ini beberapa resep pengobatan yang menggunakan umbi lempuyang yang bersumber dari IPTEK.net

Untuk obat masuk angin: digunakan 10 gram rimpang segar lempuyang wangi; setelah dicuci, diparut, diperas dan disaring, kemudian hasil saringan ditambah 2 sendok makan madu dan 1/2 gelas air matang (panas), diaduk diminum dua kali sehari pagi dan sore sama banyak.

Untuk obat sakit perut dan menambah nafsu makan:
2 jari lempuyang wangi, 3 umbi bawang merah dibuat infusan dengan 110 mI air. Untuk anak-anak diminum 2 kali sehari pagi dan sore, setiap kali 2 sendok makan.

Sakit Perut Penderita sakit perut dengan tinja berwarna abuabu dan berlendir dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut.
Bahan: Rimpang Lempuyang Gajah 1 jari tangan, Air matang 2 sendok makan
Cara pembuaatan: Lempuyang Gajah diparut, ditambah air lalu diperas. Beningannya disimpan semalam, kemudian endapan yang terjadi dipisahkan dengan menuangkan beningannya.
Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 1 ramuan.
Lama pengobatan: Diulang selama 4 hari.

Foto-foto bunga merah bunga lempuyang adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails