HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Jumat, 01 Januari 2010

Buah Stroberi Mungil-ku

buah stroberi 07

Pohon-pohon stroberi kecil yang ditanam di pot-pot di rumahku beberapa waktu lalu kembali berbunga dan berbuah. Buahnya memang kecil-kecil, tidak lebih besar dari kelereng, tapi membuat ibuku senang karena memang ibu lah yang membeli bibit dan menanamnya di pot kecil-kecil.

buah stroberi 28buah stroberi 04

Awalnya beberapa bulan lalu, sepulang dari Tasikmalaya menjenguk adikku yang dinas disana (adikku kerja di Angkatan Udara ya dan sekarang sih sudah pindah tugas ke Malang), kami mampir di sebuah perkebunan stroberi dan membeli anakan tanaman ini. Sebenarnya sih inginnya membeli buahnya juga, cuma waktu itu hanya ada sedikit buahnya dan belum banyak yang matang. Jadi akhirnya membeli anakannya aja.

buah stroberi 29buah stroberi 03

Rupanya tanaman ini cepat juga berkembang biak melalui anakannya. Akhirnya dirumahku ada beberapa anakan tanaman stroberi atau strawberry ini yang ditanam di pot-pot kecil. Ada juga yang diberikan kepada tetanggaku. Tetapi mungkin karena kurang cocok dengan cuaca di Jakarta kali ya, tanaman ini ga mau berbunga atau berbuah. Sudah dibuangin sih anakan yang keluar dari sulur-sulurnya agar cepat berbuah, tetapi masih ga juga tuh.

buah stroberi 26buah stroberi 15

Ketika akhirnya ada yang berbunga, aku senang sekali ya, apalagi terus bunganya itu menjadi buah. Wah senangnya, apalagi ibuku yang menanamnya. Pokoknya ingin memakan buahnya, kata ibuku waktu itu.

buah stroberi 16buah stroberi 11

Kalau istriku sih tidak suka dengan rasa buah stroberi ini ya. Jadi kadang ia melarangku memetik buahnya yang sudah matang. Biarin aja buat pajangan aja katanya. Akhirnya ada beberapa yang sampe lupa dipetik dan menjadi busuk di pohonnya hehehe.

buah stroberi 10buah stroberi 02

Dari situs Plantamor, ada data-data mengenai tanaman stroberi ini, yaitu:
Nama lain tanaman stroberi ini dalam bahasa lain antara lain adalah garden strawberry (Inggris), Strawberry (Melayu), Dau tay (Vietnam), Satroboery (Thailand).
Klasifikasi Ilmiah Stroberi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Rosidae
                         Ordo: Rosales
                             Famili: Rosaceae (suku mawar-mawaran)
                                 Genus: Fragaria
                                     Spesies: Fragaria x ananassa

Foto-foto buah stroberi mungil-ku adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k8001.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails