HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Minggu, 10 Mei 2009

Pasang Mesin Pencari Situs (Site Search Engine) Untuk Mencari Artikel didalam Blog Kita Sendiri

Untuk memudahkan pengunjung blog mencari artikel yang diinginkan di blog, kita bisa memasang mesin pencari (search engine) yang dapat mencari artikel didalam blog kita sendiri.

sementara36

Salah satu situs yang menawarkan search engine secara gratis adalah FreeFind. Untuk mendaftarkan blog dan mendapatkan kode HTML search engine-nya bisa klik disini.

Setelah masuk ke situsnya, isikan data yang diminta seperti terlihat pada gambar lalu tekan tombol Instant Sign-up.

 sementara2

Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa kita telah dikirimi email yang berisikan Password dan hal lain yang diperlukan untuk menambahkan FreeFind search engine ke blog. Periksalah email lalu klik link yang diberikan.

sementara6

sementara12

Setelah masuk ke halaman FreeFind Control Center, masukan password yang diberikan dan klik tombol login.

 sementara13

Setelah login, lalu klik link select pada Free account.

sementara15

Setelah itu akan muncul halaman pemberitahuan yang memberitahukan 2 langkah yang harus kita lakukan sebelum memasang kode HTML search engine di blog. Yang pertama yang harus dilakukan adalah meng-index blog kita dengan menggunakan web spider. Klik tab Build Index, lalu klik link Index now.

sementara20

Setelah muncul halaman Index Your Site Now, klik tombol Finish agar blog kita dapat segera mulai di-index oleh web spider situs FreeFind. Bila blog telah selesai diindex, akan ada pemberitahuan lewat email bahwa blog telah selesai di-index. Untuk membuat index selalu bisa di update setiap kali blog di update, maka perlu diseting lagi jadwal kunjung web spider ke blog kita. Untuk itu dapat di klik link Schedule re-indexing yang berada dibawah link Index now. Setelah masuk ke halaman schedule re-indexing, aturlah jadwal kunjungan web spider sesuai keinginan kita lalu klik tombol finish.

sementara26

Langkah kedua yang harus dilakukan sebelum bisa memasang search engine di blog adalah memilih tampilan search engine lalu mengkopi kode HTML-nya dan memasangnya di blog. Untuk itu kliklah tab HTML, lalu pilih tampilan search engine dan dapatkan kode HTML-nya dengan mengklik link get the html.

sementara30

Setelah kode HTML-nya didapatkan, login ke Blogspot --> Tata Letak --> Elemen halaman .

elemenhalaman_thumb5

Setelah itu tekan link Tambah Gadget dan pilih gadget HTML/JavaScript dan masukan kode yang didapat tadi kedalamnya lalu simpan. Nah sekarang blog sudah memiliki mesin pencari (search engine) sendiri yang dapat mencari artikel yang ada didalam blog.

sidebar_thumb8

gadget_thumb3

gadget2_thumb2

Selamat mencoba.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails