HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Sabtu, 24 April 2010

Foto Bunga Matahari (Helianthus annuus L.)


















Kupu-Kupu Skipper kawin di daun

Ga nyangka, waktu aku di malang, acara jalan pagi ke gelanggang olahraga untuk melihat keramaian orang-orang yang berolahraga dan keramaian pasar pagi akhirnya menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan karena aku dapat melihat bunga matahari (yang ditanam di pinggir stadion), dan juga dapat melihat kupu-kupu (skipper) yang sedang kawin. Dua-duanya adalah hal yang sudah lama aku ingin lihat.

Nama umum bunga matahari
Indonesia: Bunga matahari
Inggris: Sunflower
Pilipina: Mirasol
Cina: Xiang ri kui
Jepang: Himawari, koujitsuki

Nama daerah bunga matahari di Indonesia: bungngong matahuroi, bungka matahari, purbanegara; Bunga panca matoari, bunga teleng matoari, Sungeng; kembang sarengenge, kembhang mataare, bungga ledomata; kembang sangenge, kembhang tampong are.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Matahari (Plantamor)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Helianthus
Spesies: Helianthus annuus L.

Uraian singkat mengenai bunga matahari:
Herba anual (umumya pendek, kurang dari setahun), tegak, berbulu, tinggi 1 - 3 m, Ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari, sebagai tanaman hias. Termasuk tanaman berbatang basah, daun tunggal berbentuk jantung, bunga besar/bunga cawan, dengan mahkota berbentuk pita disepanjang tepi cawan, berwarna kuning, dan di tengahnya terdapat bunga-bunga yang kecil berbentuk tabung, warnanya coklat.

Resep herbal bunga matahari (IPTEKnet)
- Sakit kepala: 25 - 30 gr bunga + 1 butir telur ayam (Tidak dipecahkan) + 3 gelas air, direbus menjadi 1/2 gelas. Diminum sesudah makan, 2 x sehari.
 - Radang payudara (Mastitis): Kepala bunga (tanpa biji), dipotong halus-halus, kemudian dijemur. Setelah kering digongseng/sangrai sampai hangus, kemudian digiling menjadi serbuk/tepung. Setiap kali minum 10-15 gr, dicampur arak putih + gula + air hangat. 3 kali sehari, minum pertama kali harus keluar keringat. (Tidur pakai selimut).
- Rheumatik: Kepala bunga digodok sampai menjadi kanji, ditempelkan ke tempat yang sakit.
- Disentri : 30 gr biji diseduh, kemudian ditim selama 1 jam. Setelah diangkat, ditambahkan gula batu secukupnya, minum.
Kesulitan buang air besar dan kecil: 15 - 30 gr akan segar direbus, minum.
- Infeksi saluran kencing: 30 gr akar segar direbus. (jangan lama-lama, sewaktu baru mendidih, diangkat), minum.

CATATAN : Sumsum dari batang dan dasar bunga berisi hemicellulose, yang menghambat sarcoma 180 dan ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna (Tractus digestivus).
PERHATIAN : Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga !
Foto-foto bunga matahari adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails