HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Sabtu, 13 Maret 2010

Manfaat Olahraga Jalan Kaki

jalan kaki dengan anjing

Jalan kaki merupakan aktifitas yang selalu kita lakukan setiap hari, jadi tidak ada alasan untuk kita tidak dapat melakukan aktifitas olahraga jalan kaki. Dengan sedikit meluangkan waktu untuk berolahraga jalan kaki, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Metabolisme tubuh
Pada hakikatnya tubuh manusia diciptakan dengan dilengkapi oleh organ-organ dan anggota tubuh yang akan berfungsi semakin baik jika digunakan. Bentuk tubuh akan mengikuti fungsi. Kaki yang digunakan sebagai mana mestinya, akan terbentuk dengan baik dan kuat, sebab otot-ototnya bekerja maksimal.

Saat berjalan, tangan, kaki dan seluruh badan akan terlibat. Ratusan kalori akan dibakar oleh otot hanya karena berjalan. Berjalan ringan setiap hari bukan hanya membakar kalori, tetapi juga meningkatkan enzim dan aktifitas metabolisme yang bisa meningkatkan pembakaran kalori sampai 12 jam setelah berjalan kaki sejauh sekitar 2 mil ( + 3 km). Artinya, setelah mengakhiri perjalanan kaki sejauh 2 mil pada pukul 8 pagi, tubuh masih akan membakar kalori hingga pukul 8 malam!

Meningkatnya metabolisme tak semata meningkatkan pembakaran kalori, tetapi memberi arti bahwa tubuh akan mengambil nutrisi lebih dari makanan. Hal itu akan meningkatkan keinginan untuk minum, sehingga mendukung sistem tubuh guna melakukan detoksifikasi (penghilangan racun tubuh), dan meningkatkan kemampuan pencernaan.

Meningkatkan Sirkulasi Cairan Tubuh
Berjalan juga menghasilakn ritme kontraksi dan relaksasi otot. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan cairan dalam tubuh.
Karena sebagian besar sistem kekebalan tubuh mengalir melalui darah, meningkatkan sirkulasi dengan gerak langkah kaki setiap hari dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, begitu juga dengan metabolisme dan kesehatan pada umumnya.

Meningkatkan Kesehatan Organ Bagian Dalam Tubuh
Diafragma adalah otot utama untuk bernafas. Ia berkontraksi sesuai dengan otot perut dalam proses bernafas untuk menyeimbangkan tubuh. Hasil dari kontraksi diafragma adalah layanan pesan singkat ke organ internal tubuh agar terus mengadakan pergerakan. Peningkatan kebutuhan bernafas akan membuat organ dalam terus aktif bekerja. Hasilnya organ tubuh bagian dalam akan lebih sehat.

Meningkatkan Kemampuan Otak
Suatu percobaan pernah dilakukan pada orang-orang berumur antara 58 samapai 78 tahun. Mereka ditingkatkan aktifitas kesehariannya dengan melakukan 45 menit berjalan kaki selama 3 kali seminggu. Setelah 3 bulan berjalan terbukti bahwa aktifitas otak meningkat dan juga kemampuan mangambil keputusan.
(Nutrist – Mei 2006)

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails