HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Rabu, 06 Januari 2010

Bunga Lidah Buaya

bunga-lidah-buaya-44a

Sudah lama juga ingin ambil foto bunga lidah buaya. Tanya-tanya ke teman-teman mungkin ada yang tahu dimana bisa lihat bunga lidah buaya, eh malah di ketawain. Ga pada percaya kalo lidah buaya itu bisa berbunga juga.

Akhirnya ketika ada informasi tentang bunga lidah buaya, dan ternyata tempatnya di lokasi yang aku kenal, di rumah nenekku sendiri di depok, secepat mungkin deh aku ke sana (..ssstt.. secepatnya itu perlu menunggu 1 minggu ya ketika aku libur kerja).

Sayangnya informasi yang aku terima terlambat, dan aku sendiri harus menunggu 1 minggu lagi untuk bisa datang dan melihatnya yang ketika aku datang ternyata bunga lidah buaya-nya sudah rontok, hanya tinggal batang bunganya aja yang masih ada. Untunglah dari sumber informasi yang tidak lain adalah bapakku sendiri, aku masih bisa memperoleh foto bunga lidah buaya tersebut yang ternyata sempat di foto oleh bapakku pake hapenya, K-touch DT28. Bapakku baru ingat tentang bunga lidah buaya ini sekitar 1 minggu setelah melihat dan mengambil fotonya ya.

bunga-lidah-buaya-42abunga-lidah-buaya-43a

Nenekku bilang ini kali kedua ada pohon lidah buaya-nya yang berbunga ya. Aku sendiri sebenarnya pernah melihatnya sekali sekitar tahun 2000 lalu ketika bekerja di suatu fitnes yang kebetulan di sebelahnya banyak ditanam pohon bunga dalan pot ya. Waktu pertama melihatnya pun ga percaya kalo itu bunga lidah buaya sungguhan. Kirain bunga tempelan orang iseng. Karena dirumah juga ada tanaman hias lidah buaya, dan karena punya pengalaman melihat sendiri bunga lidah buaya, akhirnya jadi pengen bikin postingan tentang lidah buaya yang disertai dengan foto bunga-nya. Akhirnya kesampaian juga sih kali ini, walaupun foto bunga-nya bukan hasil jeprat jepret hape sendiri.

lidah-buaya-2466 (1)lidah-buaya-2467

Setelah lihat-lihat ke sekitar di internet, ternyata pohon lidah buaya ini banyak juga manfaatnya, bisa jadi tanaman obat juga ya. Mulai dari manfaat untuk pengobatan, kecantikan, bahkan sampai untuk dijadikan makanan/minuman. Katanya sih jenis lidah buaya (aloe vera) ini mencapai sekitar 200an jenis. Namun karena sebagiannya beracun, jadi hanya sekitar 4-5 jenis aja yang biasa digunakan/dimanfaatkan. Jenis Aloe barbadensis miller yang berasal dari Pulau Barbados, Amerika Tengah, katanya merupakan jenis yang memiliki kandungan terbaik dan paling banyak digunakan dalam berbagai industri.

 lidah-buaya-2350lidah-buaya-2369
Ini ada beberapa manfaat dari lidah buaya ya, yang nama lainya adalah Crocodiles tongues (Inggris); Jadam (Malaysia), Salvila (Spanyol), Lu hui (Cina) :

Penyubur rambut : Daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Luka bakar dan tersiram air panas (yang ringan): Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

Bisul : Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.

Kencing manis (Diabetes): 1 batang lidah buaya dicuci bersih, dibuat durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.

Batuk rejan : Daun sekitar 15 - 18 cm, direbus kemudian ditambah gula, minum.

Syphilis : Bunga ditambah daging: Direbus, minum.

Cacingan, susah buang air kecil: 15 - 30 gram akar kering lidah buaya direbus, minum.

Luka terpukul, luka dalam (muntah darah): 10 - 15 gram bunga kering lidah buaya direbus, minum atau bunga ditim dengan arak putih, untuk pemakaian luar.

Kencing darah : 15 gram daun lidah buaya diperas, ditambah 30 gram gula, ditambah air beras secukupnya, minum.

Wasir : 1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring. Minum sehari 3 kali.

Sembelit : 1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

PERHATIAN : Dilarang pakai untuk wanita hamil, gangguan pada sistem pencernaan dan diare.
sumber : IPTEKnet, Sentra Informasi IPTEK

 lidah-buaya-2610lidah-buaya-2609

Lidah buaya untuk perawatan kulit berminyak bisa juga dijadikan sebagai masker wajah.
Berikut resepnya:
* 1 sendok makan masker lumpur
* 1 sendok makan jus lidah buaya
* 1 sendok makan tepung hazel
*air secukupnya untuk membuat bahan-bahan ini jadi pasta
* tambahkan 1 tetes essential tea tree oil
* 1 tetes essential oil lavender
* 1 tetes essential oil peppermint
Campurkan semua bahan, oleskan dan didiamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat lalu percikkan air dingin.
sumber: KapanLagi.com

lidah-buaya-2642

Es Lidah Buaya
Bahan: 2 buah lidah buaya ukuran besar sirup berwarna merah/ hijau siap pakai es batu
Cara membuat:
1. Potong lidah buaya menjadi 3-4 bagian, lalu kupas kulitnya sampai bersih.
2. Potong-potong lidah buaya bentuk dadu, lalu cuci sambil diremas-remas sampai lendirnya hilang.
3. Siram lidah buaya dengan air panas secukupnya, tiriskan.
4. Buat 8 gelas minuman sirup sesuai selera, masukkan potongan lidah buaya. Biarkan 1-2 jam hingga sirup meresap ke dalam daging lidah buaya.
Sajikan lidah buaya dengan es batu.
Untuk 8 orang
Sumber: Nova Online

Foto-foto bunga lidah buaya adalag hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i dan K-touch DT28

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails