HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Jumat, 18 Juni 2010

Tips Memulai Home Service Business

work at home

KOMPAS.com - Home service business adalah bisnis jasa yang memberikan pelayanan ke rumah. Apa saja yang bisa dijadikan home service business? Mulai dari jasa menjual dan mengantarkan bahan makanan pokok, jasa cuci mobil panggilan, mobile spa, laundry (dari pakaian hingga karpet dan sofa), salon hewan, hingga membersihkan apartemen pun bisa. Bagaimana memulai dan sistem kerjanya? Ikuti panduan ini.

Lebih Menguntungkan
Sebelum mulai menekuni, ada baiknya Anda memahami dulu sistem kerja home service business. Apa pun usaha yang Anda pilih, yang pasti banyak keuntungan bisa didapatkan.

Pertama, berhubung usaha jasa ini mengandalkan panggilan, maka modal utamanya adalah telepon. Jadi, sudah dipastikan modal yang Anda perlukan tidak besar. Toh, Anda akan lebih banyak menerima panggilan.

Dengan beberapa juta rupiah saja, usaha ini sudah bisa berjalan. Dana itu pun untuk melengkapi sejumlah alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Misalnya, Anda memilih home service business berupa laundry panggilan. Alat yang dibutuhkan antara lain mesin cuci plus pengering, dan steamer, atau setrika uap (setrika biasa pun bisa). Pasalnya, Anda hanya datang menjemput pakaian kotor, mencucinya di tempat Anda dan mengantarkan kembali ke pelanggan dalam kondisi sudah bersih dan rapi.

Jika home service business berupa mobile spa atau salon hewan panggilan yang Anda pilih, Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan peralatan untuk memberikan jasa tersebut. Peralatannya pun tidak besar dan banyak. Jadi, tidak terlalu merepotkan.

Kedua, karena mendatangi pelanggan, Anda tak membutuhkan tempat untuk menjalankan usaha. Anda bisa melakukan usaha di rumah. Dengan begitu, Anda tak perlu menyiapkan dana untuk sewa tempat ataupun membangun sarana yang menunjang usaha ini. Hal ini tentu membuat biaya operasional pun tidak besar.

Sarana Penunjang
Karena Anda yang mendatangi para pelanggan ke rumah dengan membawa sejumlah barang dan peralatan kerja, tentu Anda membutuhkan kendaraan sendiri dan modal usaha tak banyak. Cari saja kendaraan bekas untuk membantu kelancaran usaha ini. Bisa juga menyewa kendaraan milik teman sebagai permulaan sebelum mampu membelinya sendiri. Kendaraan roda dua atau roda empat, sesuaikan dengan usaha yang Anda jalani.

Lalu, bagaimana dengan tenaga kerjanya? Tak perlu melakukan semuanya sendiri. Apalagi jika usaha ini adalah pekerjaan sampingan. Untuk tahap awal, carilah 1-2 pegawai yang bisa membantu. Anda bisa mencari tenaga bantuan dari lingkungan sekitar yang mau bekerja sesuai dengan usaha yang Anda tekuni.

Namun, untuk usaha mobile spa, Anda memang perlu mencari karyawan dengan kemampuan tersebut. Kalaupun tidak, Anda perlu memberi atau mengikutkan karyawan tersebut kursus sesuai pekerjaannya.

Jangan Lupa Promosi
Setelah semua persiapan beres, sekarang saatnya Anda memperkenalkan home service business ini. Ada banyak cara mempromosikan usaha Anda. Selain memberitahukan teman-teman via blog dan situs jejaring sosial, Anda juga bisa menyebarkan brosur. Titipkan brosur tersebut di apartemen, komplek perumahan atau tempat-tempat umum yang memungkinkan.

Jangan lupa, dalam brosur atau promo online itu, tonjolkan kelebihan usaha home service Anda, yaitu bisa dipanggil ke rumah. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu kehilangan waktu karena Andalah yang mendatangi mereka. Bila perlu, berikan penawaran khusus pada para pelanggan berupa potongan harga atau gratis satu kali untuk pemakaian jasa setelah lima kali.

Ingat, kunci sukses usaha home service, selain pelayanan yang memuaskan adalah siap dan cepat dipanggil kapan pun. Jadikan ini moto usaha Anda. Selamat berbisnis!
(Erma Dwi Kusumastuti/Majalah Chic)

Posting Dengan Kategori Sama



1 komentar:

Unknown mengatakan...

KEREN GAN MANTAB

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails