HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Jumat, 09 Juli 2010

Foto Bunga Kacang Jogo (Kacang Merah) (Phaseolus vulgaris L.)











Ketika berkunjung ke rumah mertuaku di Ponorogo, Jawa Timur, aku melihat tanaman kacang jogo ini yang ditanam di pinggir-pinggir sawah. Kebetulan saat itu tanaman ini sedang berbunga, sehingga aku bisa mendapatkan foto-foto bunga kacang jogo ini.

Setelah mencari-cari informasi, akhirnya aku menemukan juga informasi mengenai kacang jogo ini. Ternyata kacang buncis dan kacang jogo mempunyai nama ilmiah yang sama ya, yaitu Phaseolus vulgaris L.. Yang berbeda adalah tipe pertumbuhan dan kebiasaan panennya. Kacang buncis tumbuh merambat (pole beans) dan dipanen polong mudanya, sedangkan kacang jogo (kacang merah) merupakan kacang buncis jenis tegak (tidak merambat) umumnya dipanen polong tua atau bijinya saja, sehingga disebut Bush bean.

Nama umum kacang buncis di pasaran internasional disebut Snap beans atau French beans, kacang jogo dinamakan Kidney beans.

Klasifikasi Ilmiah Kacang Jogo (Kacang Merah) dan Kacang Buncis)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Phaseolus
Spesies: Phaseolus vulgaris L.

Sekilas mengenai Kacang Jogo
Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.) berasal dari Amerika, sedangkan kacang buncis tipe tegak (kidney bean) atau kacang jogo adalah tanaman asli lembah Tahuacan-Meksiko. Penyebarluasan tanaman buncis dari Amerika ke Eropa dilakukan sejak abad 16. Daerah pusat penyebaran dimulai di Inggris (1594), menyebar ke negara-negara Eropa, Afrika, sampai ke Indonesia.

Tanaman buncis tumbuh baik di dataran tinggi, pada ketinggian 1000-1500 m dpl. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan untuk ditanam pada daerah dengan ketinggian antara 300-600 meter. Dewasa ini banyak dilakukan penelitian mengenai penanaman buncis tegak di dataran rendah ketinggian: 200-300 m dpl., dan ternyata hasilnya memuaskan.


Serangga pemakan bunga kacang jogo
*****
Referensi
- Leuit Kuring
- Plantamor

Foto-foto bunga kacang jogo adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails