HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Senin, 15 Februari 2010

Buah Sawo Garut

buah sawo garut 02

Di belakang rumah di Jonggol – Jawa barat, ada tumbuh sebatang pohon yang cukup tinggi walaupun batangnya tidak terlalu besar. Kata orang sana namanya pohon sawo garut. Aku belum pernah dengar sebelumnya tentang buah sawo garut ini ya. Kirain sih seperti buah sawo biasa yang berwarna coklat. Tetapi ternyata begitu berbuah, buahnya sama sekali tidak mirip dengan buah sawo.

buah sawo garut 09

Hal lain yang cukup menarik adalah ternyata walaupun buahnya sudah kuning-kuning seperti pada gambar, buah tersebut tetap keras dan rasanya belum enak. Kirain sih dengan membungkusnya dalam kantung plastik saja sudah dapat membuatnya menjadi cukup empuk dan bisa dimakan ya.. Ternyata walau sudah dibungkus kantong plastik dan diikat selama hampir 2 minggu pun buah tersebut tetap saja keras dan belum bisa dimakan. Sampai aku pikir buah ini mungkin memang masih terlalu muda kali sehingga ga bisa matang-matang.
buah sawo garut 03buah sawo garut 01

Tetapi ternyata aku salah. Kata orang jonggol, kalau sudah kuning buah tersebut memang sudah matang. Katanya supaya bisa jadi empuk dan enak dimakan, buah tersebut ditaruh dalam kantong plastik dan harus diberi garam secukupnya diatasnya lalu kantong plastiknya diikat. Setelah hal itu aku lakukan, ternyata benar saja dalam 2-3 hari saja buah-buah tersebut sudah empuk dan siap dimakan. Yummmy…

sawo garut dan bijinya 02biji sawo garut 02 

Isi buahnya berwarna kuning juga ya, dengan rasa seperti ubi rebus (masa sih rasanya kaya ubi rebus??? beberapa temanku bilangnya sih seperti itu :-)). Bijinya sendiri dalam 1 buah kadang ada 1, 2 atau bisa 3, tergantung besarnya buah. Makin besar buahnya, makin banyak bijinya.
foto-foto buah sawo garut adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails