HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Selasa, 18 Agustus 2009

Pengertian Gerakan Kompon dan Gerakan Isolasi dalam Latihan Beban

Yang disebut gerakan kompon (compound movement) dalam latihan beban adalah gerakan yang dalam pelaksanaannya melibatkan lebih dari 1 otot yang bekerja.
Gerakan kompon ini memungkinkan kita mengangkat beban lebih berat dan melatih lebih banyak otot dengan melakukan lebih sedikit jenis latihan, sehingga latihan dapat lebih efisien dan lebih singkat. Dengan bisa mengangkat beban lebih berat, maka otot akan terstimulasi untuk berkembang lebih besar dan lebih kuat dibanding sebelumnya (muscle builder movement). Jadi gerakan kompon ini merupakan gerakan yang dianjurkan untuk lebih banyak dilakukan jika latihan bertujuan untuk menambah massa otot.

Yang disebut dengan gerakan isolasi (isolation movement) dalam latihan beban adalah jenis gerakan yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan 1 otot utama saja. Gerakan ini memungkinkan kita memberi tekanan yang lebih besar pada otot utama dibanding dengan gerakan kompon sehingga dapat membuat otot lebih terdefinisi (shaping movement). Karena hanya otot utama saja yang bekerja, maka gerakan isolasi ini tidak memungkinkan kita untuk dapat mengangkat beban seberat pada gerakan kompon. Jadi pada gerakan isolasi, fokusnya adalah pada kesempurnaan geraknya. Gerakan isolasi juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot terutama pada bagian yang pertumbuhannya lebih lambat dibanding dengan pertumbuhan otot lainnya (weak point).

(dari berbagai sumber)

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails