HOME | ABOUT ME | DAFTAR ISI | welcome to happydesug.blogspot.com

Sabtu, 30 Mei 2009

Google Search Gadget, Mesin Pencari Artikel Blog dan Website Yang Menampilkan Hasil Pencarian di Halaman Blog

Ada gadget baru di blogspot yang aku temui hari ini ketika aku klik link Tambah Gadget untuk menambahkan sesuatu di sidebar blog. Ada Gadget Kotak Penelusuran alias Google Search Gadget, mesin pencari artikel blog dan website yang menampilkan hasil pencarian di blog sendiri. Karena penasaran aku coba untuk memasangnya di sidebar blog dan mencoba untuk mengetahui cara kerjanya. Ternyata hasilnya cukup memuaskan ya.

Gadget Baru dari Blogspot

Hasil pencarian Google Search-nya ditampilkan dalam bentuk menu tab dan ditampilkan di halaman blog sendiri, diatas kolom posting. Ada 3 pilihan menu yang menampilkan hasil pencarian di blog sendiri (menu Blog Ini), lalu hasil pencarian berdasarkan link-link situs atau blog lain yang ada di blog kita yang pernah kita buat (menu Di-Link Dari Sini), dan hasil pencarian dari web (menu Web).

hasil pencarian google search engine di blog
hasil pencarian google search engine di blog 01

hasil pencarian google search engine di blog 02

Untuk memasangnya, login ke Blogspot --> Tata Letak --> Elemen Halaman, lalu klik link Tambah Gadget di tempat yang ingin dipasangi Gadget.

tata letak elemen halaman lay out

Pilih Gadget Kotak Penelusuran.

new goggle search gadget

Edit menu tampilan yang diinginkan dan klik tombol Simpan.

Konfigurasi kotak penelusuran google search engine

Sekarang blog telah memiliki Kotak Penelusuran Google Search Gadget, mesin pencari artikel blog dan website yang menampilkan hasil pencarian di blog sendiri.

Posting Dengan Kategori Sama



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails